Analisis
Penelitian Kuantitatif
1.
Judul Penelitian :
“Komparasi Metode Team Group
Tournament (TGT) Dan Metode Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil
Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat”
2. Jenis
Penelitian :
Penelitian
Kuantitatif
3. Desain
Penelitian :
Quasi
Experiment Research atau penelitian eksperimen semu
4. Lokasi Penelitian :
SMA Negeri Kebakkramat
5. Populasi :
Seluruh
siswa SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2014/2015
6. Sampel :
Kelas
XI.IPS 1 dan XI.IPS 2. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik multistage
cluster random sampling.
7. Metode
Pengumpulan Data :
Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi.
8. Definisi
Konsep dan Variabel :
-
Definisi Konsep :
Metode
TGT adalah metode yang melibatkan siswa secara aktif dalam kelompok-kelompok
kecil untuk permainan secara turnamen dengan kelompok lain (Huda, 2013).
Turnamen ini dilakukan untuk mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya bagi
kelompok. Sedangkan metode TPS dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa.
Dalam metode ini, siswa di haruskan untuk berpasangan. Mereka harus saling
bertukar pikiran mengenai permasalahan yang di berikan oleh guru.
-
Variabel :
Variabel
independen/bebas : Metode Team Group Tournament (TGT) Dan
Metode Think Pair Share (TPS)
Variabel dependen/terikat : Hasil
Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat
9. Analisis Data yang Digunakan :
Uji normalitas dan uji homogenitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar